Selasa, 25 Februari 2020

Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui Pengguna

Saat ini berkirim pesan melalui pesan singkat melalui SMS sudah mulai ditinggalkan. Banyak pengguna ponsel yang mulai beralih ke layanan pesan instant, seperti LINE, WA, dan beberapa platform layanan instant messengger lainnya.


Pergeseran perilaku pengguna ini, disebabkan makin mudahnya akses internet dan banyaknya fitur yang tersedia di beberapa layanan pesan instant tersebut yang tidak terdapat pada layanan SMS.

Selain itu, semakin murah dan banyaknya tipe ponsel yang mendukung layanan ini menjadikan aplikasi pesan instant tersebut kian populer.

WhatsApp termasuk salah satunya, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi olah pesan yang paling populer di dunia saat ini dengan puluhan miliar penggunanya di berbagai dunia.

Bisa dibilang, tidak ada pengguna smartphone yang tidak memiliki kontak WhtasApp.

Selain fitur utamanya seperti kirim pesan teks, file gambar, audio&video serta video calll, banyak pengguna yang tidak menyadari beberapa fitur tersembunyi di WA yang juga sangat bermanfaat bagi penggunanya.

Apa saja fitur tersembunyi tersebut, berikut ulasannya untuk anda.

Berikut ini sejumlah fitur tersembunyi di WA yang sebaiknya kalian ketahui, sebagaimana dilansir dari laman Livemint:

Merubah Format Teks di WhatsApp

Mungkin banyak pengguna yang sudah tau cara bikin tulisan miring atau tebal di aplikasi WA. Tapi tahukah kalian bagiamana cara membuat tulisan yang mirip dengan huruf yang ada di mesin ketik jadul ?

Nah, fitur tersembunyi di WA ini bisa kalian gunakan untuk hal tersebut. Jadi saat berkirim pesan ke kontak WA anda, pesan yang terkirim akan berisi tulisan atau huruf dengan model klasik layaknya mesik tik.

Kamu hanya perlu menggunakan simbol ( ` ) sebanyak tiga buah di kedua sisi kata. Misalnya, “` selamat siang, apa kabar?“`, lalu kirim pesan tersebut kepada lawan chat anda.

Maka huruf yang ada dalam pesan tersebut akan berubah seperti huruf di mesin ketik lawas. Fitur tersedia untuk semua perangkat baik iOS maupun Android.

Pin Chatiing Penting

Jika kalian merupakan pengguna yang aktif di grup chat WA, maka fitur ini cukup membantu anda.

Dengan fitur ini, chat yang berisi penting akan selalu muncul di posisi paling atas, sehingga pengguna lebih mudah untuk membukanya tanpa perlu scroll kebawah.

Untuk pengguna smartphone android, caranya cukup tekan pesan pribadi atau grup yang diinginkan agak lama, maka nanti akan muncul ikon pin yang berada di tab atas.

Sementara untuk pengguna iOS, pengguna cukup swipe chat yang diinginkan ke arah kanan dan pilih opsi pin.

Bookmark Pesan

Fitur tersembunyi di WA berikut ini di sebut dengan “Starred Messages”. Dimana fungsi utama dari fitur ini adalah untuk mem-bookmark pesan-pesan yang diinginkan agar lebih mudah ditemukan

Caranya, anda hanya perlu melakukan tap dan tahan pesan untuk munculkan opsi logo bintang di tab atas aplikasi. Semua pesan yang kalian tandai dengan “Starred Messages” ini akan dijadikan satu.

Untuk membuka pesan “Starred Messages” ini, silahkan klik icon tiga titik di menu utama aplikasi WhatsApp untuk pengguna Android atau di tab Settings jika kalian adalan pengguna iPhone.

Hemat Data Seluler

Aplikasi whatsapp memberikan opsi kepada pengguna untuk mengunduh media atau kiriman file hanya jika terkoneksi dengan jaringan wi-fi saja.

Hal ini tentu akan menghemat penggunaan data seluler anda. Caranya, cukup dengan menonaktifkan download-otomatis media dengan masuk ke menu pengaturan, lalu buka opsi data dan penggunaan penyimpanan. Pastikan untuk memilih opsi pengunduhan otomatis media hanya jika terhubung pada koneksi Wi-Fi.

Share Status WhatsApp ke Facebook Story

Teraakhir, fitur tersembunyi di WA yang jarang sekali diketahu pengguna adalah share status WhatsApp ke facebook story.

Caranya, pilih Status di WhatsApp lalu buat status baru di WA. Jika status sudah tayang, lalu tanda titik tiga di samping tayngan lalu pilih opsi Bagikan ke Facebook Story.

Ketuk Izinkan atau Buka untuk membuka aplikasi Facebook kalian.Pada aplikasi Facebook yang kalian gunakan, pilih audiens yang ingin kamu bagikan, lalu ketuk Bagikan Sekarang.

Demikian informasi mengenai beberapa fitur tersembunyi di WA yang jarang di ketahui oeh penggunanya. Kalian bisa mencoba menggunakan fitur-fitur tersebut untuk memberikan pengalaman baru menggunakan aplikasi pesan instan ini. Selamat mancoba!

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus