Selasa, 03 September 2019

8 Manfaat Kesehatan Nanas yang Mengesankan

Nanas (Ananas comosus) adalah buah tropis yang sangat lezat dan sehat. Itu berasal di Amerika Selatan, di mana penjelajah Eropa awal menamakannya setelah kemiripannya dengan biji pinus (1). Buah populer ini dikemas dengan nutrisi, antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya, seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit.


Nanas dan senyawanya telah dikaitkan dengan banyak manfaat daun buah, termasuk membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan dari operasi, antara lain. Berikut adalah 8 manfaat kesehatan nanas yang mengesankan.

Manfaat PineappleShare di Pinterest Nanas rendah kalori tetapi memiliki profil nutrisi yang sangat mengesankan. Satu cangkir (5,8 ons atau 165 gram) potongan nanas mengandung yang berikut (2): Kalori: 82,5 Lemak: 1,7 gram Protein: 1 gram Karbohidrat: 21,6 gram Serat: 2,3 gram Vitamin C: 131% dari RDI Mangan: 76% dari RDI Vitamin B6: 9% dari RDI Copper: 9% dari RDI Thiamin: 9% dari RDI Folate: 7% dari RDI Kalium: 5% dari RDI Magnesium: 5% dari RDI Niacin: 4% dari RDI Asam Pantotenat: 4% dari RDI Riboflavin: 3% dari RDI Besi: 3% dari RDI Nanas juga mengandung sejumlah kecil vitamin A dan K, fosfor, seng dan kalsium. Mereka terutama kaya akan vitamin C dan mangan, masing-masing memberikan 131% dan 76% dari rekomendasi harian. Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. Sementara itu, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, mempertahankan metabolisme yang sehat dan memiliki sifat antioksidan (3, 4). Ringkasan Nanas dikemas dengan berbagai vitamin dan mineral. Mereka sangat kaya akan vitamin C dan mangan. Tidak hanya kaya akan nutrisi, nanas juga mengandung antioksidan yang sehat. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan banyak penyakit berbahaya (5, 6). Nanas terutama kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik (7). Terlebih lagi, banyak antioksidan dalam nanas terikat. Ini memungkinkan antioksidan untuk bertahan hidup dalam kondisi yang lebih keras di dalam tubuh dan menghasilkan efek yang lebih tahan lama (8, 9). Ringkasan Nanas adalah sumber antioksidan yang baik, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Banyak antioksidan dalam nanas terikat, sehingga mereka mungkin memiliki efek tahan lama. Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain (10). Mereka berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein ke dalam blok bangunan mereka, seperti asam amino dan peptida kecil (11). Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil. Ini bisa sangat membantu bagi orang dengan kekurangan pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup (12, 13).

Sebagai contoh, satu studi menunjukkan bahwa peserta dengan kekurangan pankreas mengalami pencernaan yang lebih baik setelah mengambil suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain, dibandingkan dengan mengambil suplemen enzim pencernaan yang sama tanpa bromelain (14). Bromelain juga banyak digunakan sebagai pelunak daging komersial karena kemampuannya untuk memecah protein daging yang keras (13). Ringkasan Nanas mengandung bromelain, sekelompok enzim pencernaan yang memecah protein. Ini dapat membantu pencernaan, terutama pada mereka yang memiliki kekurangan pankreas.

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangannya umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena mereka dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan. Salah satu senyawa ini adalah kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. Studi tabung menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu melawan kanker (15, 16). Sebagai contoh, dua penelitian tabung menunjukkan bahwa bromelain menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan merangsang kematian sel (17, 18).

Penelitian tabung reaksi lainnya menunjukkan bahwa bromelain menekan kanker pada kulit, saluran empedu, sistem lambung dan usus besar, di antara area-area lain (19, 20, 21, 22). Uji tabung dan penelitian pada hewan telah menemukan bahwa bromelain dapat menstimulasi sistem kekebalan untuk menghasilkan molekul yang membuat sel darah putih lebih efektif menekan pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan sel kanker (16). Yang mengatakan, nanas mengandung jauh lebih sedikit bromelain daripada suplemen. Diperlukan lebih banyak penelitian berbasis manusia sebelum kesimpulan dapat dibuat.

Ringkasan Nanas mengandung senyawa https://manfaatbetul.blogspot.com yang mengurangi stres oksidatif dan peradangan, yang keduanya terkait dengan kanker. Salah satu senyawa ini adalah enzim bromelain, yang

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus